Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Saham PT Makro Indonesia Dijual

Kompas.com - 04/07/2008, 04:27 WIB

Laporan Wartawan Kompas, Stefanus Osa Triyatna

JAKARTA, KAMIS- SHV Holdings NV bersama dengan para pemilik saham lainnya di PT Makro Indonesia mengumumkan rencana penjualan seluruh saham Makro Indonesia. Proses lelang diperkirakan selesai menjelang akhir tahun ini. The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) Limited telah ditunjuk sebagai penasihat keuangan SHV.

Perusahaan ritel modern pertama di Indonesia ini mencatat pertumbuhan penjualan di atas 25 persen per tahun. Saat ini total jumlah Makro Indonesia sebanyak 19 gerai, tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Juru Bicara SHV Joost van Klink dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Kamis (3/7), mengatakan, Setelah melakukan tinjuan strategis atas kegiatan usaha Makro, SHV memutuskan untuk menjual Makro Indonesia. SHV akan memfokuskan strategi pengembangan Makro di negara lain, khususnya Thailand.

Presiden Direktur Makro Indonesia Kuswanto Gunadi mengatakan, "Makro Indonesia memberi peluang unik dan menarik kepada para pemilik saham baru untuk mengambil alih sebuah perusahaan yang mapan dan dikelola baik ini. Gerai-gerainya pun berada di lokasi strategis, karyawan berpengalaman, sistem kerja yang telah terbukti berjalan lancar dan didukung pelanggan setia."

Menurut Kuswanto, kesejahteraan karyawan adalah prioritas Makro Indonesia. Mereka adalah pihak pertama yang mengetahui keputusan ini. Saat ini pihaknya bersama para karyawan membahas dan menjawab berbagai kekhawatiran yang mungkin terjadi dan memastikan pengambilalihan perusahaan berjalan dengan lancar.

Makro Indonesia memiliki sekitar 2.300 karyawan di 19 gerai. Pelanggannya mencapai 500.000 orang. Setiap gerai menawarkan berbagai produk pangan dan non-pangan untuk kebutuhan sehari-hari dengan pelangan profesional, termasuk hotel, restoran, kafetaria dan katering (Horeka), pedagang eceran dan perusahaan jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com