Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorry Om, Gas Naik!

Kompas.com - 26/08/2008, 16:19 WIB

SYAMSUDIN tak bisa menyembunyikan wajah kagetnya saat mendatangi sebuah toko yang menjual gas elpiji 12 kg di kawasan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Soalnya, gas yang biasanya ia beli Rp 69.000 itu ternyata sudah melambung menjadi Rp 80.000.

Rupanya, Syamsudin tak tahu kalau harga elpiji sudah naik. "Ah, masa' mahal gitu bang?," kata Syamsudin kepada Yadi, pemilik toko. "Nggak nonton TV apa, Om? Ya udah, cari yang lain aja, gas naik di mana-mana, Om!," kata Yadi dengan nada heran. 

Syamsudin pun balik kanan, tak jadi membeli gas. Saat ditanya, Syamsudin mengaku tak mendengar kabar soal naiknya harga gas elpiji 12 kg.Yadi, yang tengah berbincang dengan Kompas.com, Selasa (26/8) sore, langsung mengomel.

"Nggak baca koran kali, orang ribut-ribut harga gas naik, nggak percaya," ujarnya, setelah Syamsudin meninggalkan tokonya.

Sama seperti pedagang-pedagang yang ditemui sebelumnya, Yadi seebnarnya juga mengaku tak tega menjual gas semahal itu. Oleh karenanya, ia sangat memaklumi ketika banyak orang beralih membeli gas 3 kg.

Namun, kata Yadi, tabung gas 3 kg banyak kelemahannya. Berkali-kali ia harus mengembalikan kepada pemasok, karena banyak pembeli yang mengatakan tabung gas bocor saat dipasangkan ke kompor.

"Udah tau gitu, masih pada beli juga kok. Tambah banyak malahan. Makanya, saya juga nyediainnya makin banyak," kata Yadi yang menyediakan stok 20 tabung gas elpiji 3 kg.

Sementara itu, harga gas 12 kg di agen dijual seharga Rp 75.000 per tabungnya. Udin, karyawan agen gas di Jalan Bekasi Timur IV, Jakarta Timur, mengatakan, hingga hari ini pasokan gas dari Pertamina masih lancar. Namun, ia enggan menyebutkan berapa harga belinya dari Pertamina. 

"Saya jualnya di sini 75 ribu yang 12 kilo, yang 3 kilo 13 ribu," kata Udin.Agen gas tak bernama itu menyediakan stok tabung gas elpiji 3 kg jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan tabung gas 12 kg.

"Yang 12 kilo cuma 100-an, yang 3 kilo bisa sampe 250 tabung. Itu pula yang laris. Tabung 3 kilo bisa laku sampe 50-an tabung sehari, yang 12 kilo laku 20 tabung aja udah lumayan banget," katanya.

Udin mengaku, tak semua konsumennya tahu kenaikan harga gas elpiji 12 kg yang berlaku sejak Senin kemarin."Pengumumannya kalo nggak salah minggu malem gitu, pas dipasok hari Senin katanya harga udah naik. Kayaknya belum banyak yang tahu," kata Udin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com