Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Pegadaian Makassar Siapkan Dana Rp 1 Triliun

Kompas.com - 27/08/2008, 04:15 WIB

MAKASSAR, RABU - Perum Pegadaian wilayah Makassar menyiapkan modal kerja sebesar Rp1 triliun, untuk mengantisipasi lonjakan aksi gadai selama ramadan hingga Idul Fitri. "Modal kerja itu akan disiapkan hingga pasca lebaran nanti," kata Humas Madya Perum Pegadaian Makassar, Safiuddin di Makassar, Selasa (26/8).

Dia menyebutkan, sampai saat ini modal kerja yang telah disalurkan mencapai Rp300 miliar. Permintaan kredit pegadaian menjelang ramadan 2008 meningkat 35 persen,  bila dibandingkan dengan permintaan kredit pada tahun sebelumnya.

Antrean permintaan kredit diperkirakan akan terus terjadi hingga lebaran mendatang. "Antrean permintaan kredit masih sangat padat, di sejumlah unit pelayanan pegadaian di Sulsel," ujarnya.

Menurut Safiuddin, aksi tebus yang akan dilakukan nasabah pegadaian sejauh ini relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan lonjakan aksi gadai, walaupun diakui masyarakat akan memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran nanti.

Barang jaminan dalam aksi gadai yang dilakukan nasabah saat ini, hampir 90 persen menggunakan barang emas. Untuk itu, pihak pegadaian menyiapkan fasilitas khusus jasa taksiran emas.

Fasilitas itu disiapkan untuk membantu masyarakat mengukur kadar emas yang akan dijaminkan. Pengetesan kadar emas itu di lakukan dengan menggunakan pola uji kimia dan pengukuran melalui berat jenis emas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com