Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Minyak Goreng Kemasan Murah Diluncurkan

Kompas.com - 20/01/2009, 15:25 WIB

JAKARTA, SELASA — Pemerintah pusat siap meluncurkan minyak goreng kemasan harga murah ke seluruh pelosok Tanah Air pada pekan depan. Produk yang diberi nama Minyakita ini dijual dengan harga lebih murah Rp 1.000 dari harga minyak curah di pasaran. Minyak ini diharapkan akan memenuhi 11 sampai 14 persen dari kebutuhan minyak curah sebesar 1,49 juta ton.

"Pada saat launching akan disebarkan 250 ton Minyakita. Februari dan Maret diupayakan lebih banyak lagi minyak goreng ini disebarkan kepada masyarakat, targetnya sekitar 11 sampai 14 persen dari banyaknya konsumsi minyak goreng curah di masyarakat," ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu seusai menghadiri dan menjual minyak goreng secara simbolis kepada masyarakat di Kantor RW 13 Kelurahan Tomang, Jakarta Barat, Selasa (20/1).

Penjualan minyak goreng Bimoli seharga Rp 6.000 per liter ini merupakan kerja sama antara Departemen Perdagangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan produsen minyak PT Salim Ivomas Pratama, anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Mendag menjelaskan, minyak goreng harga murah ini tidak akan dilepas di pasaran umum. Tetapi, produk tersebut akan dijual khusus kepada masyarakat kurang mampu sesuai dengan tujuan pengadaan Minyakita.

"Sengaja Minyakita tidak dilepas ke pasaran karena tujuan kita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu sebagai dampak dari kondisi ekonomi warga dan daya beli masyarakat yang menurun pada belakangan ini," jelas Pangestu.

Menurut Mendag, pemerintah pusat akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi di daerah-daerah untuk menyalurkan minyak ini kepada masyarakat. Selanjutnya, pemerintah daerah atau provinsi menjabarkannya kepada wilayah kota hingga tingkat rukun tetangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com