Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliuner Meksiko Akan Beli Saham New York Times

Kompas.com - 20/01/2009, 15:30 WIB

NEW YORK, SENIN — The New York Times Co kini tengah dalam pembicaraan dengan miliuner asal Meksiko, Carlos Slim Helu. Ia adalah pemilik perusahaan telepon Telmex di Meksiko. Tahun lalu, Forbes menyebut Slim sebagai orang terkaya nomor dua di dunia.

Kedua pihak ini membicarakan kemungkinan Slim berinvestasi ratusan bahkan jutaan dollar AS yang bisa membuat perusahaan media ini membayar utangnya.

The New York Times, seperti dikutip dari orang-orang yang sedang bertransaksi, mengabarkan bahwa Slim sudah hampir sepakat untuk membenamkan duitnya sebesar 250 juta dollar AS untuk perusahaan ini. Karena belum sepenuhnya deal, maka bisa saja persetujuan ini bubar. "Pimpinan media berharap untuk bertemu dengan Slim pada hari Senin (19/1) dan hasil pertemuan itu akan diumumkan pada hari Selasa," kata koran ini.

Sayangnya, juru bicara The New York Times menolak berkomentar mengenai hal ini.

The Times memiliki dana tunai sekitar 46 juta dollar AS dan utang 1,1 miliar dollar AS  yang jatuh tempo pada bulan September tahun ini. Sebagian utang itu, 400 miliar dollar AS, bakal jatuh tempo bulan Mei mendatang.

September tahun lalu, sejumlah anggota Slim membeli 6,4 persen saham publik New York Times. Mereka mengatakan, investasi Slim telah tergerus dari 128 juta dollar AS menjadi 58 juta dollar AS.

Jika Slim sungguh mengambil saham The Times, maka skema investasi Slim berupa bonds dengan jatuh tempo 10 tahun. Slim juga akan mendapatkan dividen spesial hingga 10 persen dari nilai investasi yang ditanamkannya. (Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com