Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Bank Mega Fokus pada UKM

Kompas.com - 27/01/2009, 15:02 WIB

Bandung, Kompas - Penyaluran kredit Bank Mega pada 2009 difokuskan pada sektor usaha kecil dan menengah. Bank Mega menargetkan penyaluran kredit sekitar Rp 23 triliun pada 2009. Direncanakan, sekitar 50 persen dari jumlah itu disalurkan untuk UKM.

Presiden Direktur Bank Mega, Yungky Setiawan, di Bandung, Sabtu (24/1), mengatakan, bidang UKM yang dibidik adalah perdagangan. Fokus pada UKM juga dilakukan dengan memperluas jaringan Bank Mega di wilayah tengah dan timur Indonesia. Saat ini Bank Mega memiliki 206 kantor di 85 kota. Pada 2009, 45 kantor baru akan dibuka.

"Sektor UKM adalah ladang baru yang kami garap karena relatif stabil dalam tahun-tahun terakhir. Kalau korporat, tidak lepas dari pengaruh lokal dan global," ujar Yungky.

Hingga 2010, diharapkan terdapat 500 kantor Bank Mega di Indonesia. Pembangunan di Indonesia bagian tengah dan timur, seperti pada bidang pertambangan dan perkebunan yang pesat, tentu akan ikut mendorong sektor UKM lokal. "Meski fokus pada UKM, korporat tidak ditinggalkan. Sebagian besar kantor akan menangani UKM. Kantor pusat akan mendorong kredit korporat," ujarnya.

Menurut Yungky, potensi kredit di Jawa Barat masih baik. Banyak UKM di Jabar mengekspor produknya. Target kredit tahun 2009 meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan realisasi 2008 sebesar lebih dari Rp 19,5 triliun. Pencapaian 2008 itu sekitar 90 persen dari target.

Hingga semester ketiga 2008, perolehan laba sebelum pajak Bank Mega Rp 529,4 miliar, dana pihak ketiga mencapai Rp 28,53 triliun, rasio kecukupan modal 14,41 persen, dan rasio pinjaman terhadap pihak ketiga sekitar 67,4 persen.

Ultima

Guna mengembangkan bisnisnya, Bank Mega bekerja sama dengan Bandung Supermal (BSM) meluncurkan kartu kredit BSM Ultima. Kartu itu adalah gabungan kartu kredit Bank Mega Visa dan BSM Card. Pemegang kartu bisa mendapatkan potongan harga dari toko-toko di BSM.

Direktur Retail Banking Bank Mega, Kostaman Thayib, mengatakan, pemegang BSM Ultima bisa mendapatkan diskon hingga 30 persen. Di BSM terdapat 250 toko dan sekitar 40 persennya sudah ikut berpartisipasi memberikan potongan harga. (bay)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com