Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu Waspadai Uang Palsu!

Kompas.com - 08/04/2009, 14:06 WIB

JEMBER, KOMPAS.com — Jumlah uang palsu (upal) beredar menjelang Pemilu 2009 di wilayah kerja Bank Indonesia Jember, yang meliputi Kabupaten Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, selama tiga bulan terakhir mencapai puluhan juta rupiah.
    
Kasir muda BI Jember, Sugeng Yayok, Rabu (8/4), menuturkan, jumlah peredaran upal sejak Januari hingga Maret di wilayah kerja BI Jember mencapai Rp 52 juta dengan jumlah lembarannya mencapai 892 lembar.
    
Ia mengungkapkan, pada Januari jumlah upal mencapai 345 lembar dengan nominal Rp 19,7 juta, Februari sebanyak 256 lembar dengan nominal Rp 14,8 juta, dan Maret sebanyak 291 dengan nominal Rp 16 juta.
    
"Upal yang ada sebagian besar pecahan lima puluh ribuan," katanya. Sebelumnya, Pemimpin BI Jember Rasjid Madjid memprediksi akan terjadi peningkatan peredaran upal menjelang Pemilu 2009.
    
Ia mencontohkan, terjadinya peningkatan upal menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur pada Oktober 2008 yang mencapai 366 lembar dengan nominal Rp 21,8 juta, sedangkan bulan sebelumnya jumlah upal hanya sekitar 200 lembar hingga 300 lembar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com