Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 14/04/2009, 09:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saham-saham di Bursa Efek Indonesia, Selasa (14/4) pagi, berada di zona hijau. Saham komoditas untuk sementara menopang pergerakan indeks di jalur positif.

Indeks Harga Saham Gabungan sesi pertama dibuka naik 0,22 persen (3,418 poin) pada 1.543,821. Pada awal perdagangan ini sektor pertambangan dan perkebunan memberikan kontribusi penguatan indeks.

Adapun indeks Kompas100 juga menguat 0,25 persen, kemudian indeks LQ45 naik 0,29 persen, serta Jakarta Islamic Index meningkat 0,32 persen.

Kemarin, IHSG bergerak menguat 5,09 persen dengan transaksi menembus Rp 4 T. Kenaikan IHSG ini tercatat merupakan tertinggi di kawasan regional. Demikian juga nilai tukar rupiah terlihat menguat mendekati level Rp 11.100 per dollar AS.

"Penguatan IHSG dan rupiah terutama didukung oleh relatif lancarnya pemilu legislatif pekan lalu. Stabilitas politik adalah salah satu faktor yang menjadi penilaian investor asing dalam berinvestasi di emerging market," sebut analis riset Panin Sekuritas Purwoko Sartono.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya melihat lonjakan naiknya indeks merupakan euforia sesaat. Perkembangan ekonomi global serta dalam negeri masih akan menjadi perhatian investor. "Secara teknikal, IHSG tengah berada dalam trend bullish. Perlu diperhatikan beberapa saham unggulan telah memasuki area overbought," tambahnya.

Adapun kisaran support-resistance indeks hari ini adalah 1.525-1.570.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com