Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tambah Pundi IMF

Kompas.com - 24/04/2009, 10:56 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Perancis  Christine Lagarde, Kamis (24/4), menandatangani sebuah persetujuan untuk menyediakan tambahan dana 16 miliar dollar AS kepada Dana Moneter Internasional (IMF), untuk membantu memerangi krisis keuangan global.
    
"Saya telah menandatangani surat komitmen Perancis untuk membayar kontribusi ini kepada IMF, untuk meningkatkan ketersediaan dana guna memerangi krisis," kata Lagarde, setelah melakukan pertemuan dengan Ketua IMF Dominique Strauss-Kahn.
    
Kelompok 20 negara maju dan berkembang (G-20) awal bulan ini telah menyepakati untuk meningkatkan "koper" IMF 500 miliar dollar AS  dalam menghadapi kemerosotan global terburuk sejak Depresi Besar 1930.
    
Lagarde mengatakan, Perancis sedang memberikan kontribusi 15 miliar dollar AS, sebagai bagian dari tambahan dana  untuk IMF dengan miliaran dollar lainnya, untuk membantu pendanaan program-program pengentasan kemiskinan.
    
Pengumuman itu digelar jelang pertemuan tahunan musim semi IMF dan Bank Dunia di Washington pada akhir pekan ini, dengan megumpulkan para pejabat keuangan dari G-7 dan G-20 pada Jumat.
    
Pertemuan tersebut diperkirakan akan didominasi oleh diskusi tentang krisis, setelah IMF awal pekan ini  memangkas proyeksi ekonominya, yang mengatakan dunia menghadapi sebuah pelambatan yang belum pernah terjadi  sebelum suatu upaya pemulihan dirancang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com