Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK-Win Janjikan Kabinet Solid, Profesional, dan Aspiratif

Kompas.com - 26/05/2009, 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan capres dan cawapres yang diusung Partai Golkar dan Hanura, Jusuf Kalla-Wiranto, menjanjikan membentuk kabinet yang berpegang pada tiga prinsip, yaitu solid, profesional, dan aspiratif. Hal itu diutarakan Tim Sukses JK-Wiranto, Happy Bone Zulkarnain, pada diskusi mengenai postur kabinet 2009-2014, di Jakarta, Senin (25/5).

Solid, kabinet yang dibentuk tidak didasarkan pada bagi-bagi kursi. "Kami juga berpikir, semakin sedikit partai politik akan menghindarkan conflict of interest, sehingga menteri bisa bekerja dengan leluasa," kata anggota Komisi I DPR.

Profesional, kabinet akan diisi oleh figur-figur yang dinilai ahli dan menguasai bidangnya. "Tidak melihat apakah dari parpol atau nonparpol, asal profesional. Untuk posisi strategis, harus diisi oleh kalangan nonpartai yang piawai di bidangnya," lanjut Happy.

Sementara, aspiratif, dengan mengakomodasi keterwakilan kekuatan politik yang ada serta memiliki sifat akseptabilitas, kebinekaan, dan legitimasi yang kuat. Happy menambahkan, pilar yang ingin dibangun JK-Wiranto adalah kemandirian, unggul dan berdaya saing, good governance, dan otonomi daerah.

Sebagai gambaran, beberapa kementerian baru yang dipaparkan Happy, di antaranya, kementerian pencitraan nasional, kementerian perguruan tinggi, ilmu pengetahuan dan ristek, serta penggabungan beberapa kementerian, seperti lingkungan hidup, kehutanan, dan perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com