Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Punya JORR, Bogor Punya BORR

Kompas.com - 01/09/2009, 12:29 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi I akan dioperasikan menjelang musim arus mudik mendatang. Saat ini kondisi jalan tol tersebut dapat dilintasi mulai dari Sentul selatan (Babakan Madang, Kabupaten Bogor) ke Jalan Soleh Iskandar (Bogor utara, Kota Bogor).

Memang pemerintah minta agar pembangunan jalan tol seksi pertama ini bisa selesai menjelang arus mudik. "Kami tidak keberatan karena kami mau jalan tol ini bisa segera beroperasi. Mau kami, begitu dioperasikan, pengguna jalan tol langsung bayar juga," kata Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Poncoyono Sudiro, Selasa (1/9).

Sudiro bersama seluruh stafnya sedang menanti kedatangan Boediono, wakil presiden terpilih, yang akan meninjau perkembangan pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Bogor tersebut. Boediono dijadwalkan akan ke lokasi proyek sekitar pukul 13.00 ini.

Menurut Sudiro, sebelum ada permintaan percepatan penyelesaian jalan tol seksi I ini, pihaknya juga memang ngebut menyelesaikan pembangunannya karena ingin memanfaatkan musim panas saat ini sebaik-baiknya.

"Secara teknis, cuaca Bogor hanya memberi waktu tiga sampai empat bulan dalam setahun, untuk waktu yang tepat melaksanakan pembangunan jalan. Selebihnya, Bogor hujan melulu," katanya.

PT Marga Sarana Jabar adalah pemilik dan pengelola Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Saham perusahan tersebut dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Jasa Marga. Investasi untuk seksi pertama ini, dengan jalan sepanjang 4 kilometer, mencapai Rp 460 miliar. "Tarif tolnya yang kami usulkan ke pemerintah Rp 3.500 untuk sekali masuk," kata Sudiro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com