Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dephub Targetkan Semua Maskapai Bisa ke Eropa Pertengahan 2010

Kompas.com - 23/10/2009, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Departemen Perhubungan menargetkan akan mengusulkan puluhan maskapai penerbangan nasional untuk dicabut dari daftar hitam penerbangan Uni Eropa. Hingga pertengahan 2010, semua maskapai penerbangan di Indonesia diharapkan akan diizinkan terbang ke Eropa.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Dephub Herry Bakti Singayudha Gumay mengatakan, pihaknya akan mengusulkan pencabutan status larangan terbang terhadap sebagian besar maskapai nasional pada pertemuan Aviation Security Commitee (ASC) Uni Eropa pada  Januari 2010. Adapun sisanya akan diusulkan pada pertemuan ASC berikutnya pada Mei 2010.

"Mudah-mudahan pada pertengahan tahun depan, semua maskapai telah masuk daftar  maskapai yang dicabut pelarangan terbangnya oleh Uni Eropa," kata Herry di  Jakarta, Jumat (23/10).

Saat ini baru empat maskapai penerbangan yang telah diperbolehkan terbang memasuki kawasan Eropa, yaitu dua maskapai penerbangan berjadwal, Garuda Indonesia dan Mandala  Airlines, serta dua perusahaan penerbangan kargo Airfast dan Premi Air. Garuda  Indonesia dipastikan bakal terbang ke Eropa pada 1 Juni 2010 dengan penerbangan Jakarta-Amsterdam.

Seperti diketahui, Uni Eropa telah memberikan kepercayaan kepada otoritas penerbangan RI, yaitu Dephub, untuk merekomendasikan maskapai penerbangan yang akan dicabut dari daftar blacklist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com