Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Maskapai AS Kurangi Pekerja

Kompas.com - 29/10/2009, 06:07 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — US Airways dan American Airlines mengatakan, Rabu (28/10), mereka memangkas total 1.700 pekerja karena mereka menghadapi turbulensi di tengah resesi berkepanjangan.
    
US Airways mengatakan akan mengurangi sekitar 1.000 pekerja pada paruh pertama tahun 2010 dan mengurangi pelayanan ke Eropa karena lemahnya permintaan.

Maskapai penerbangan ini akan berfokus pada kekuatan jaringan kunci di tiga poros di Charlotte, North Carolina; Philadelphia, Pennsylvania; dan Phoenix, Arizona; termasuk di Washington dan layanan antar-jemput. Demikian perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan.
    
"Dengan berkonsentrasi pada kekuatan kami, kami akan lebih baik diposisikan untuk kembali ke profitabilitas US Airways," kata Doug Parker, ketua dan kepala eksekutif.
    
Maskapai yang berbasis di The Tempe, Arizona, menyatakan akan menangguhkan layanan lima tujuan Eropa dari Philadelphia, "memberikan kelemahan di pendapatan trans-Atlantik", yaitu Birmingham, Inggris; London Gatwick; Milan, Italia; Shannon, Irlandia; dan Stockholm, Swedia.
    
Di antara langkah penataan kembali, perusahaan mengatakan akan memberikan kembali otoritas penerbangan Philadelphia-Beijing kepada pemerintah dan mengurangi penerbangan Las Vegas sejumlah 64 hingga 36 keberangkatan per hari pada Februari.
    
Pengumuman datang setelah maskapai melaporkan minggu lalu bahwa kerugian bersih berjumlah 80 juta dollar AS di kuartal ketiga karena perjalanan udara merosot di tengah resesi dan kenaikan harga BBM.
    
Secara terpisah, AMR, induk dari American Airlines, mengatakan bahwa mereka memangkas hingga 700 manajemen dan serikat pekerja dalam pemeliharaan dan rekayasa operasi untuk merespons perubahan restrukturisasi yang dilakukan untuk menghadapi gejolak pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com