Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPK Umumkan Audit Bank Century Pekan Depan

Kompas.com - 20/11/2009, 15:05 WIB

KENDARI, KOMPAS.com — Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Bank Century terkait indikasi penyalahgunaan dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun akan diumumkan pekan depan.
    
Anggota BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengemukakan hal tersebut seusai meresmikan penggunaan Kantor BPK Sultra di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (20/11). Namun, dia enggan memberikan penjelasan rinci atas hasil pemeriksaan tersebut.
    
"Tunggu saja, pengumumannya minggu depan. Saya tidak bisa berkomentar banyak mengenai hasil pemeriksaan tersebut karena itu bukan bagian saya. Anggota BPK itu kan ada sembilan orang, masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda. Kebetulan saya bukan yang membidangi soal audit Bank Century," kata Moermahadi.
     
Ditanya tentang hasil pemeriksaan yang menyatakan bahwa terdapat penyalahgunaan anggaran besar-besaran di bank bermasalah tersebut, Moermahdi sendiri tidak menampik hal itu, tetapi menolak membenarkan.
     
Dia meminta agar semua pihak bersabar untuk menunggu hasil kerja dari BPK terhadap audit investigasi pada bank yang memicu konflik berkepanjangan di antara sejumlah lembaga penegak hukum.
     
Sebelumnya, Ketua BPK Hadi Purnomo mengungkapkan bahwa laporan final audit Bank Century akan rampung pada Desember, tetapi ternyata bisa dipercepat hingga pekan ketiga November ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com