Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin "Digoreng", Kasus Century Bakal Goyang Perekonomian

Kompas.com - 01/12/2009, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menkominfo Tifatul Sembiring mengkhawatirkan perkembangan kasus Bank Century yang telah masuk ke ranah politik. Menurutnya, bila kasus ini terus digoyang oleh berbagai isu, dikhawatirkan akan mengganggu perekonomian Indonesia.

"Kalau ini digoreng berbagai opini terus, ini bisa berdampak ke ekonomi kita," ujar Tifatul di sela-sela rapat koordinasi dengan Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/12).

Dia mencontohkan, saat kasus aliran dana Bank Indonesia yang melibatkan mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah pada tahun lalu sempat membuat nilai tukar rupiah terhadap dollar AS anjlok. Ini membawa kerugian bagi perekonomian Indonesia. "Dulu waktu kasus BI yang Pak Burhanuddin itu, kan digoreng sehingga rupiah jatuh," tuturnya.

Karena itu, menurutnya, masyarakat seharusnya menunggu panitia Hak Angket Century untuk mengurai kasus ini. Dia juga mendesak agar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk segera melaporkan audit aliran dana Bank Century kepada aparat penegak hukum. "Ini jangan dikembangkan ke hal yang sensasional. Biarkan Hak Angket Century untuk membuka kasus ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com