Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penguasaan TPT Asing Naik Tiga Kali Lipat

Kompas.com - 25/12/2009, 19:37 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Penguasaan tekstil dan produk tekstil (TPT) asing terhadap pasar di Jawa Barat naik tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2004, penguasaan TPT asing itu masih 15 persen dan terus meningkat pada tahun 2009 menjadi 45 persen.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Daerah Jabar, Ade Sudradjat di Bandung, Jumat (25/12/2009), mengatakan, jumlah itu diperkirakan terus meningkat menjadi lebih dari 50 persen pada tahun 2010. Nilai transaksi TPT di Indonesia sekitar Rp 60 triliun per tahun.

Sekitar 30 persen diantaranya atau Rp 18 triliun berasal dari Jabar. Itu berarti, nilai transaksi TPT asing di pasar Jabar naik dari Rp 2,7 triliun lima tahun lalu menjadi Rp 8,1 triliun pada saat ini. Tahun depan, jumlahnya diperkirakan lebih dari Rp 9 triliun.

"Soalnya, Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area/AFTA) akan diberlakukan. Pemerintah sudah diminta melakukan persiapan menghadapi AFTA," katanya.

Persiapan itu misalnya, membenahi persoalan infrastruktur, insentif, dan perpajakan. Pemadaman listrik bergilir yang terjadi beberapa waktu lalu juga menunjukkan ketidaksiapan menghadapi AFTA. Namun, kemajuan nyaris tidak terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com