Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Samakan Karier dengan Pekerjaan!

Kompas.com - 24/03/2010, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sering kali orang menyamakan pekerjaan yang sedang dijalani dengan karier. Dengan kata lain, karier didefinisikan menjadi jabatan dan gaji.

Namun, menurut Career Coach Rene Suhardono, menyamakan pekerjaan dengan karier adalah hal yang kurang tepat. "Pekerjaan adalah milik perusahaan, sedangkan karier adalah milik kita," ujar Rene kepada wartawan di Plaza Kuningan, Jakarta, Rabu (24/3/2010).

"Kita justru melupakan hal yang penting. Apa alasan atau mengapa kita bekerja?" tambahnya.

Melalui bukunya yang berjudul Your Job Is Not Your Career, Rene Suhardono berusaha mensosialisasikan pemahaman alternatif mengenai karier.

Dalam buku ini, ia menuliskan pengalamannya di dunia kerja sehingga akhirnya dapat menemukan pemahamannya. "Pada tahun 19700an, sedang tren menjadi tentara. 1980-an, tren PNS. 1990-an, tren bankir. 2000-an, tren enterpreneur. Tapi sangat sedikit yang memahami apa yang mereka lakukan," tambah Rene.

Dia mengatakan, pemahaman karier adalah happiness dan fulfilment. "Apakah kita bahagia melakukan sebuah hal? Itu yang harus kita jawab," tandasnya.

Usahanya untuk memberikan pemahaman mengenai karier melalui buku adalah bagian dari kampanyenya "Stop Pembodohan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com