Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: April Bulan Kritis bagi Pajak!

Kompas.com - 05/04/2010, 16:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati was-was menghadapi bulan April yang tengah berjalan saat ini. Dia mengatakan, bulan April merupakan bulan ini yang kritis.

Mengapa? Ternyata, akhir bulan ini merupakan batas akhir penyerahan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Wajib Pajak (WP) Badan. Banyak pihak mengkhawatirkan kasus Gayus Tambunan bisa memengaruhi tingkat kepatuhan WP.

"Bulan April ini bulan yang kritis, karena ini (batas akhir) untuk SPT Badan," ujarnya saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin (5/3/2010). Karena itu, hari ini dia menggelar rapat konsolidasi dengan seluruh jajaran Ditjen Pajak.

Dalam rapat ini, Menkeu meminta seluruh pimpinan dan jajaran Ditjen Pajak tetap fokus untuk mengamankan penerimaan pajak. Meski demikian, dirinya menilai bahwa sejauh ini penerimaan pajak masih tercatat cukup bagus. Ini terlihat dari penyerahan SPT WP Pribadi yang ditutup akhir Maret 2010 lalu, yang menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. "Penerimaan masih bagus, kita masih lihat dari SPT," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com