Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buffett Bela Goldman Sachs

Kompas.com - 02/05/2010, 13:23 WIB

OMAHA, KOMPAS.com - Investor terkaya dunia, Warren Buffett membela Goldman Sachs, yang kini tengah diinvestigasi oleh Badan Pengawas Pasar Modal AS Securities and Exchange Commission (SEC).

SEC, sebelumnya menuduh Goldman kurang informatif terhadap para investornya mengenai surat berharga yang terkait kredit perumahan. SEC mengatakan, Goldman meramu investasi itu tanpa memberi tahu nasabahnya, bahwa mereka merancangnya dengan bantuan hedge fund Paulson & Co.  

"Saya tidak berdiri berseberangan dengan Goldman, ketika semua pihak berupaya membuktikan pernyataannya," kata Warren Buffett, Sabtu kemarin, usai rapat tahunan Berkshire di Omaha, Amerika.

Buffett menegaskan, tidak mempercayai bila ada bank investasi sekelas Goldman Sachs tidak bertindak tepat dalam menjual surat berharga saat pasar properti sedang booming.

Kini karena investigasi SEC dan berita bahwa Departemen Kehakiman Amerika akan menyelidiki dugaan kriminal terhadap Goldman, maka harga saham Goldman telah turun 22 persen dalam dua minggu. Dan, penutupan harga Jumat lalu, merupakan harga saham Goldman yang terendah sejak Juli 2009. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com