Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Beli Italdesign Milik Giugiaro

Kompas.com - 21/05/2010, 11:42 WIB

TORINO, KOMPAS.com — Rumah desain terkenal, ItalDesign, milik Giugiaro yang berbasis di Torino, Italia, dikabarkan dibeli oleh Volkswagen. Pengumuman tentang pembelian, menurut Automotive News Europe dari wartawannya di Italia, Luca Cifferi, akan diumumkan awal minggu depan. Kendati demikian, kedua pihak masih membantah tentang transaksi tersebut ketika diminta konfirmasinya.

Volkswagen melakukan gebrakan tersebut karena berambisi menjadi produsen mobil terbesar pada 2018 dengan menjual 10 juta unit mobil per tahun. Untuk mencapai tanget tersebut, 10 kelompok VW, termasuk Porsche, membutuhkan banyak perancang dan insinyur. Pada 2010 ini, kelompok VW berencana menambah 60 model, termasuk facelift alias refreshing.

Italdesign, yang didirikan oleh Giorgetto Giugaro pada 1968, saat ini mempunyai 975 karyawan dan 800 komputer workstation untuk desain. Kebanyakan pekerja dan perlengkapan ditempatkan di kantor pusatnya di Moncalieri, 15 km di selatan Torino, Italia.

Italdesign adalah perusahaan swasta yang dimiliki secara penuh oleh Giorgetto Giugiaro (71) sebagai chairman dan putranya, Fabrizio (45), yang memimpin divisi desain dan model. Kedua eksekutif tersebut diharapkan tetap melakukan kerja sama begitu VW mengambil alih perusahaannya.

Model terbaru yang dirancang Italdesign saat ini adalah sedan dan station wagon Alfa Romeo 159, kupe Brerra, Fiat Grande Punto Idea, dan Suzuki SX4 dengan saudaranya Fiat Sedici.

Sedangkan model VW hasil rancangan Italdesign adalah Golf generasi pertama, Audi80, VW Passat, Scirocco, dan konsep VW Sport W12, serta beberapa model Seat dan Bugatti terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com