Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Banda Aceh Siapkan Receh Rp 3 Miliar

Kompas.com - 16/08/2010, 18:48 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Bank Indonesia Cabang Banda Aceh menyiapkan uang pecahan kecil dengan nilai Rp 3 miliar per hari untuk memenuhi permintaan masyarakat untuk menukar uang tersebut menjelang Idul Fitri 1431 H.

Deputi Pimpinan Bidang Sistem Pembayaran Manajemen Intern (SPMI) BI Cabang Banda Aceh, Dani Surya Sinaga, Senin (16/8/2010) mengatakan, jumlah uang yang disediakan itu cukup memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran.

"Masyarakat tidak perlu khawatir soal uang tukar. Kami menyediakan pecahan Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 2.000 maupun Rp 1.000 yang mencukupi," kata Dani yang didamping Arief Riadi, Kepala Seksi Kas BI Cabang Banda Aceh.

Untuk tahun ini BI Cabang Banda Aceh tidak membatasi nilai nominal uang yang akan ditukarkan. Masyarakat bisa menukar uang sesuai yang diinginkan.

Memang, pada tahun lalu, BI Cabang Banda Aceh sempat membatasi uang yang ditukar, khususnya pecahan Rp 2.000. Hal itu dilakukan karena pecahan kertas Rp 2.000 baru dikeluarkan dan jumlahnya masih terbatas.

BI tidak membatasi jumlah yang ingin ditukar. Kebijakan ini sesuai instruksi Gubernur BI, Darmin Nasution, agar jajarannya melayani permintaan penukaran uang kertas pecahan baru menjelang lebaran.

Ia menambahkan, ada kenaikan penukaran uang kertas baru sejak dua hari terakhir. Kendati penukarannya naik, namun jumlahnya jauh dari nilai yang tersedia.

"Kemarin saja, nilai penukaran sekitar Rp 400 juta, sedangkan hari ini naik menjadi Rp 770 juta. Diperkirakan, kenaikan jumlah penukaran ini akan terjadi sepekan sebelum lebaran," katanya.

BI Cabang Banda Aceh juga bekerjasama dengan perbankan dalam melayani penukaran uang kertas baru menjelang lebaran.

Pelayanan tukar uang baru itu hanya ditujukan kepada nasabah bank yang bersangkutan.

"Kami berharap lewat kerjasama ini masyarakat mudah mendapatkan tempat penukaran uang kertas baru. Tidak hanya di BI, tapi bisa di bank lain," kata Dani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com