Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Din: Salurkan Zakat Anda untuk Pakistan

Kompas.com - 21/08/2010, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyerukan kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk menyalurkan zakat fitrahnya kepada korban bencana banjir bandang Pakistan melalui Lazis Muhammadiyah.

"Bagi orang yang berkecukupan agar menyalurkan zakat, infak, sadaqah sebagian kepada saudara kita di Pakistan melalui Lazis Muhammadiyah," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin saat melakukan pertemuan dengan Duta Besar Pakistan untuk Indonesia di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (21/8/2010).

Selain itu, Din juga memerintahkan kepada semua masjid dan mushala di Indonesia agar menyebarkan kotak-kotak amalnya kepada para jemaah untuk diisi dengan sebagian atau sejumlah uang bagi korban bencana alam di negeri Benazir Bhutto tersebut.

Perintah tersebut harus mulai dilaksanakan pada hari Jumat minggu depan serta sekali pada bulan Ramadhan. "Kotak amal agar disebar ke setiap masjid dan mushala pada Jumat depan dan sekali di bulan Ramadhan terserah mau hari ini, besok, ataupun kapan yang pasti selama Ramadhan," jelasnya.

Muhammadiyah juga meminta kepada seluruh pihak di Indonesia untuk selalu mendoakan rakyat Pakistan. Pakistan dilanda bencana banjir besar di hampir seluruh wilayah negara yang terletak di kawasan Asia Selatan tersebut. Ratusan ribu orang menjadi korban dari bencana yang terakhir terjadi pada 100 tahun lalu.

Din Syamsuddin menyerukan seluruh umat Islam untuk membayar zakat, infak, dan sadaqah pada bulan Ramadhan tahun ini yang dikhususkan untuk rakyat Pakistan yang menjadi korban banjir bandang besar.

Dana tersebut bisa disumbangkan melalui tiga bank di Indonesia, yakni BCA, BRI, dan Bank Syariah Mandiri.

"Untuk dana dapat disetorkan ke tiga Bank, yakni BCA, BRI, dan Bank Syariah Mandiri," ujar Din.

Nomor rekening ketiga bank tersebut adalah:

BCA: 8780040077 BRI: 0230.01.001403.30.9 Bank Syariah Mandiri: 009.0066666. Semua rekening tersebut atas nama Lazis Muhammadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com