Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak, Simpanan Orang Kaya di Bank

Kompas.com - 22/10/2010, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Data distribusi simpanan per September berdasarkan nominal simpanan yang dipublikasikan Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, Jumat (22/10/2010), menunjukkan, terjadi kenaikan simpanan masyarakat pada segmen nominal di atas Rp 5 miliar dengan kenaikan sebesar Rp 33,88 triliun.

Simpanan jenis ini biasanya berasal dari nasabah kalangan masyarakat yang mampu secara ekonomi. Sementara itu, simpanan untuk segmen di bawah Rp 100 juta tidak mengalami perubahan.

Namun, ditinjau dari segi jumlah rekening, semua segmen simpanan mengalami kenaikan. Kenaikan sangat tajam terjadi pada segmen simpanan Rp 100 juta ke bawah dengan kenaikan sekitar 1 juta rekening.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah pun dikonfirmasi mengenai hal tersebut. "Kalau tabungan, karena itu dari masyarakat, bisa jadi karena efek setelah Lebaran orang mulai nabung kembali," kata Difi, hari ini.

Sementara itu, dari distribusi simpanan yang dikelompokkan berdasarkan jumlah simpanan sampai dengan Rp 2 miliar dan di atas Rp 2 miliar, distribusi simpanan berdasarkan nominal yang dijamin adalah sebesar Rp 1.121,12 triliun untuk seluruh simpanan dengan jumlah kurang dari atau sama dengan Rp 2 miliar dan sebesar Rp 201,49 triliun.

Ini merupakan proporsi yang dijamin (Rp 2 miliar) dari seluruh simpanan dengan nominal di atas Rp 2 miliar. Berdasarkan hal tersebut, jumlah simpanan yang dijamin oleh LPS pada bulan September 2010 menjadi Rp 1.322,61 triliun.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 22,53 triliun dibandingkan dengan bulan Agustus 2010 dengan jumlah Rp 1.300,08 triliun. Kini, jumlah dana nasabah di perbankan mencapai Rp 2.170,41 triliun. Selain itu, kenaikan dana nasabah kalangan ekonomi mampu juga membuat jumlah rekening simpanan yang dijamin LPS mengalami kenaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com