Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Garuda Diganti

Kompas.com - 23/11/2010, 04:20 WIB

Palembang, Kompas - Pembatalan jadwal terbang Garuda Indonesia karena perubahan sistem operasi ke sejumlah rute, termasuk Palembang, membuat penumpang kecewa. Sebagai kompensasi, pihak Garuda siap mengganti tiket penumpang yang batal berangkat sebesar dua kali harga tiket.

Menurut Nenny (28), staf pelayanan informasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang, Senin (22/11), hari ini maskapai Garuda Indonesia membatalkan dua kali jadwal terbang, yakni rute Jakarta-Palembang dan sebaliknya. Hingga Senin sore, belum ada ada konfirmasi lanjutan dari pihak Garuda mengenai jadwal lanjutannya.

Berdasarkan data Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang, dua rute penerbangan yang dibatalkan adalah GA 112 Jakarta-Palembang yang dijadwalkan mendarat pukul 07.05 dan GA 115 Palembang-Jakarta dengan jadwal keberangkatan pukul 09.25. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 112 seharusnya mengangkut 117 penumpang, sedangkan pesawat bernomor GA 115 dijadwalkan terbang dengan kapasitas 123 orang.

”Iyo kak, memang dari tadi banyak penumpang yang datang ke kantor informasi menanyakan pembatalan ini. Versi penumpang, seharusnya pemberitahuan tidak mendadak seperti ini. Sampai sekarang, pihak layanan informasi bandara belum menerima info lanjutan dari pihak Garuda Indonesia,” kata Nenny.

Masih ramai

Menurut Nenny, sampai sore hari masih banyak calon penumpang dan calon penjemput yang berdatangan ke kantor pelayanan informasi untuk menanyakan kepastian penjadwalan ulang keberangkatan dengan Garuda Indonesia.

Di sisi lain, ada sebagian kecil penumpang yang membatalkan keberangkatan dengan Garuda Indonesia dengan alasan tidak bisa menunggu penjadwalan ulang. Menurut Nenny, para penumpang ini lalu memilih terbang dengan maskapai lain, seperti Sriwijaya Air dan Lion Air.

”Kebetulan dua maskapai itu punya jadwal terbang lebih dari tiga kali ke Jakarta dan jadwalnya berdekatan dengan jadwal Garuda,” katanya.

Jambi normal

Sementara itu, penerbangan maskapai Garuda Indonesia tujuan Jambi-Jakarta pada hari yang sama berlangsung normal. Pesawat Garuda terbang pada pukul 08.30 dengan jumlah penumpang mencapai 120 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com