Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Harus Beli 5 Pesawat Tahun 2011

Kompas.com - 23/11/2010, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Maskapai penerbangan Mandala Airlines harus bekerja keras untuk mendapatkan lima unit pesawat tahun depan. Pasalnya, pesanan Airbus A320 tahun ini dipastikan ditunda.

"Mau tidak mau Mandala harus mendapatkan lima unit tahun depan. Dua pesanan kami ditunda datang akhir tahun ini dan rencananya datang awal 2011, sedangkan tiga unit lainnya masih dalam pembicaraan," kata Head of Communication Mandala, Nurmaria Sarosa di Jakarta, Selasa (23/11/2010).

Kewajiban untuk mendapatkan lima unit pesawat tersebut terkait dengan pemberlakuan Undang-Undang No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan yang berlaku mulai 1 Januari 2012.

Dalam aturan tersebut, maskapai berjadwal diharuskan mengoperasikan minimal 10 pesawat dengan rincian minimal lima unit pesawat berstatus hak milik sedangkan lainnya sewa.

"Kalau tidak bisa terpenuhi, maka akan terkena aturan tersebut, sehingga kita bisa menjadi maskapai tidak berjadwal," ujar Nurmaria.

Mengingat saat ini Mandala telah mengoperasikan lima unit pesawat dengan status sewa, maka lima pesawat yang akan didatangkan harus berstatus beli. "Jadi mungkin nanti statusnya lease to own atau sewa untuk dimiliki, sehingga bisa memenuhi syarat undang-undang," katanya. (Tribunnews/Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com