Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bogasari Luncurkan Kartu Kredit Mandiri

Kompas.com - 25/11/2010, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari meluncurkan Kartu Kredit Mandiri dan Penjaminan Skim Bank Garansi, sebagai komitmen untuk menumbuhkembangkan pelaku usaha kecil menengah (UKM) terutama di sektor makanan.

”Bogasari terus berupaya meluncurkan berbagai program bermanfaat guna meningkatkan pertumbuhan usaha para UKM tersebut. Termasuk dalam upaya menciptakan pelaku usaha baru.,” sebut Hans Ryan Aditio, Senior Vice President (SVP) Commercial Divisi Bogasari PT Indofood Sukses Makmur Tbk dalam siaran pers Kamis (25/11/2010) .

Peluncuran Kartu Kredit Mandiri dan Penandatanganan Penjaminan Skim Bank Garansi yang merupakan hasil kerja sama Bogasari dan Bank Mandiri dilakukan di acara Bogasari Expo 2010 di Jakarta hari ini.

Lebih jauh, Hans Ryan mengatakan, penerbitan kartu kredit mandiri ini ditujukan untuk alumni Bogasari Baking Center (BBC) dan UKM Mitra Binaan Bogasari yang sudah tergabung dalam Bogasari Mitra Card. Sampai saat ini, total alumni BBC sudah mencapai angka 100 ribu orang. Sedangkan anggota BMC hingga Oktober 2010 sebanyak 36.000 anggota yang bergerak pada berbagai sektor usaha makanan. Baik alumni BBC maupun anggota BMC tersebar di berbagai daerah, dari wilayah barat hingga timur Indonesia.

Penandatangan kerja sama kartu kredit mandiri ini sudah berlangsung pada 22 September 2010 lalu oleh Hans Ryan Aditio dan Budi Soegianto selaku Kuasa Direksi dari Bogasari dengan Handayani, Group Head Consumer Cards dari Bank Mandiri. Setelah melalui berbagai persiapan lanjutan, penyebaran dilakukan mulai hari ini, Kamis, 25 November 2010.

”Pada tahun pertama, program kartu kredit mandiri menargetkan 20 persen dari 25 ribu alumni BBC setiap tahunnya atau sekitar 5 ribu orang. Sedangkan target dari anggota BMC sekitar 10 persen dari 36 ribu anggota BMC atau kurang lebih 3.600 anggota. Tentu nantinya tetap akan melalui proses dan syarat pembukaan kartu kredit yang berlaku umum di Bank Mandiri,” jelas Hans.

Ia menambahkan, peluncuran kartu kredit mandiri ini untuk memberikan kemudahan dalam pembelian mesin dan peralatan baking bagi alumni BBC dalam rangka memulai usaha. Sedangkan untuk anggota BMC, akan mendapatkan kemudahan yang sama tapi dalam rangka peremajaan mesin dan peralatan untuk mendukung pengembangan usahanya.

“Intinya program kartu kredit mandiri adalah dalam upaya memudahkan dan menggairahkan orang dalam berusaha. Baik calon pelaku usaha baru, maupun yang sedang menjalankannya. Di sisi lain Bogasari juga akan menjamin pasokan bahan baku serta pelatihan dan pendampingan bagi UKM agar usahanya tetap berkembang. Hal ini sejalan dengan visi kemitraa Bogasari yakni Tumbuh Bersama ,” kata Hans.

Sementara itu, Kerja Sama Penjaminan Skim Bank Garansi yang baru ditandatangani hari ini, adalah upaya mendukung kelancaran transaksi jual beli tepung terigu Bogasari dengan distributor/pelanggan Bogasari. Lewat kerja sama ini, pelanggan Bogasari mendapatkan biaya provisi yang kompetitif dan kemudahan dalam pengajuan bank garansi kepada Bank Mandiri.

Untuk jangka dekat skim penjaminan ini akan diperuntukkan bagi 30 distributor dan 10 pelanggan dalam kategori industri. Sedangkan bagi distributor/pelanggan lainnya yang sudah memiliki fasilitas bank garansi dari bank lain, tetap berjalan sebagaimana adanya. ”Intinya adalah memberikan kenyamanan dan jaminan lebih bagi Bogasari maupun pelanggannya dalam menjalankan usaha,” ucap Hans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com