Transaksi E-Banking Mandiri Melonjak

Kompas.com - 27/12/2010, 08:29 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah transaksi Internet banking yang dilakukan nasabah Bank Mandiri hingga November 2010 mencapai lebih dari 96,39 juta transaksi dengan nilai transaksi Rp 33,76 triliun atau melonjak tumbuh 121,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Sementara itu, transaksi yang dilayani melalui anjungan tunai mandiri (ATM) telah mencapai 477,17 juta transaksi dengan nilai Rp 331,99 triliun," kata Direktur Teknologi dan Operasi Bank Mandiri, Kresno Sediarsi di Jakarta, Minggu (26/12/2010).

Ia mengatakan bahwa Bank Mandiri terus berupaya mengembangkan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. "Kami berupaya terus mengembangkan kualitas layanan elektronik Bank Mandiri untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Kami juga berkeinginan untuk menjadi salah satu pemain utama dalam transactional banking di Tanah Air dan kawasan regional," kata Kresno.

Untuk mendukung keinginan itu, Bank Mandiri akan terus menambah jumlah jaringan elektronik. Pada 2011, Bank Mandiri akan menambah 2000 unit ATM serta akan memodernisasi 500 ATM. "Selain peningkatan jumlah ATM, kami juga akan terus meningkatkan kemampuan layanan elektronik kami, seperti penambahan jumlah EDC secara signifikan serta perbaikan kualitas layanan elektronik dengan meningkatkan fitur dan fungsi yang tersedia di berbagai layanan termasuk di ATM, EDC, Internet Banking, SMS Banking serta Cash Management yang merupakan layanan elektronik bagi segmen usaha." ujar Kresno.

Saat ini, lanjutnya lebih dari 85 persen transaksi dapat dilayani melalui layanan elektronik, sehingga kenyamanan nasabah tetap terjaga di saat libur seperti antara lain Natal dan tahun baru saat ini.

Bank Mandiri juga telah menyiapkan Rp3 triliun - Rp3,5 triliun pada satu minggu sebelum Natal untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat menyambut perayaan Natal dan tahun baru 2011. Sebanyak 35 persen penyebaran uang tunai dilakukan di wilayah Jabodetabek.

Beberapa cabang Bank Mandiri tetap akan beroperasi pada libur dan cuti bersama 2010 untuk melayani transaksi setoran BBM/Non BBM pelanggan PT Pertamina. Dana yang disiapkan rata-rata sebesar Rp1,3 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 20-25 persen dari hari biasa. "Kami telah menyiapkan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan supplies, infrastruktur, dan sistem operasional ATM," kata Kresno.

Transaksi ATM yang diperkirakan selama libur Natal dan Tahun Baru 2011 adalah sebanyak 22 juta transaksi. Penyediaan uang di seluruh ATM Bank Mandiri dilakukan para pegawai cabang Mandiri yang bertugas dengan dukungan mitra kerja Bank Mandiri. "Kami memastikan seluruh operasional layanan ATM tetap terjaga, karena kami telah menggunakan Software Cash Management yang bisa memantau pola transaksi untuk hari biasa dan hari libur," ujar Kresno.

Saat ini nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 6.400 ATM Mandiri, yang tersambung dalam jaringan ATM Link sebanyak 15.000 ATM, dan 22.000 jaringan ATM Bersama



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X