Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Bank Indonesia Segera Menaikkan BI Rate

Kompas.com - 15/01/2011, 04:02 WIB

Jakarta, Kompas - Bank Indonesia segera menaikkan suku bunga acuan atau BI rate. Kenaikan BI rate tersebut mempertimbangkan laju dan tekanan inflasi mendatang.

Gubernur BI Darmin Nasution mengemukakan hal itu kepada wartawan di Gedung BI, Jumat (14/1). ”Kami melihat bahwa tendensi inflasi akan terus datang. Kami sudah bersiap-siap mencari waktu yang pas menaikkan BI rate,” katanya.

Rapat Dewan Gubernur BI pada 5 Januari memutuskan mempertahankan BI rate 6,5 persen. Dengan demikian, selama 18 bulan, yakni sejak Agustus 2009, BI rate tetap berada di level ini.

Diakui Darmin, tekanan inflasi cenderung naik. Bahkan, cepat atau lambat akan menyentuh inflasi inti. Namun, BI percaya, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah, terutama berkaitan dengan komoditas penting, yakni beras.

Inflasi tahun 2010 mencapai 6,96 persen. Beras menjadi komoditas dominan sebagai penyumbang inflasi tahun 2010 dengan andil 1,29 persen.

Di sisi lain, BI juga berhitung bahwa aliran modal asing yang masuk ke Indonesia masih akan terjadi. Oleh karena itu, BI akan memperhitungkan banyak hal, termasuk seberapa tinggi penguatan rupiah hingga Desember mendatang.

”Semua harus terukur sedemikian rupa sehingga perdagangan kita tidak dirugikan,” kata Darmin.

Nilai tukar negara lain di sekitar Indonesia juga diperhatikan, berikut hubungan Indonesia dengan mitra dagang utama. Untuk itu, BI akan melakukan bauran kebijakan.

”Misalnya, kombinasi BI rate naik tidak terlalu besar. Menaikkan porsi untuk menahan capital inflow. Kombinasinya banyak,” kata Darmin.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono berpendapat, jika inflasi bulan Januari 2011 di atas 0,5 persen, apalagi mendekati inflasi Januari 2010, yakni 0,84 persen, maka BI rate akan naik. ”Setidaknya, dari 6,5 persen menjadi 6,75 persen,” kata Tony.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com