Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Buka Hub-Medan

Kompas.com - 16/01/2011, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai Indonesia AirAsia pada Sabtu (15/1/2011) kemarin mengumumkan peresmian Medan sebagai salah satu bandara hub (penghubung) di Indonesia. Peresmian ini ditandai penerbangan perdana bernomor QZ 8084 dari Bandara Polonia, Medan, menuju Bandara Suvarnabhumi, Bangkok.

"Kami melihat Medan sebagai kota yang berkembang pesat. Medan juga menjadi pasar potensial bagi maskapai kami, terutama dalam hal jumlah penumpang dan rute penerbangan yang dapat dikembangkan, baik domestik maupun internasional", kata Dharmadi, Presiden Direktur Indonesia AirAsia, Sabtu kemarin.

Dengan diresmikannya Medan sebagai salah satu hub, maka Bandara Hub Indonesia AirAsia menjadi lima. Empat hub lainnya adalah Cengkareng, Bandung, Denpasar, dan Surabaya.

Sebenarnya, penerbangan Indonesia AirAsia di Medan sejak 24 Agustus 2004, dan  kini telah melayani enam rute, domestik dan internasional, seperti: Medan (MES)-Bandung (BDO), Medan (MES)-Surabaya (SUB), Medan (MES)-Kuala Lumpur (KL), Medan (MES)-Penang (PEN), Medan (MES)-Bangkok (BKK), dan Medan (MES)-Hongkong (HKG).

Dengan status bandara hub, kata Manajer Komunikasi IAA Audrey Progastama, maskapai itu akan menyiapkan secara khusus suku cadang dan teknisi. Dari Medan, juga ditambah penerbangan-penerbangan domestik dan internasional IAA.

Menurut Mulyana, Station Manager Hub Medan, di kota itu telah ada 78 staf AirAsia yang siap memberi dukungan terbaik. "Kami berkomitmen memberi pelayanan yang lebih baik lagi agar para penumpang dan calon penumpang kami, khususnya di Kota Medan, dapat merasakan pengalaman yang tidak terlupakan saat terbang dengan maskapai kami," kata Mulyana.

Sabtu kemarin, Indonesia AirAsia menerbangan secara perdana Medan-Bangkok menggunakan armada Airbus A320. Pesawat berangkat dari Medan pukul 15.05 WIB dan dijadwalkan tiba di Bangkok pukul 17.15 waktu setempat.

Sementara, penerbangan perdana Medan-Hongkong dijadwalkan berlangsung 16 Januari 2011 pukul 14.30 WIB dan tiba pukul 19.35 waktu Hongkong.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com