China Pemberi Utang Terbesar Dunia

Kompas.com - 19/01/2011, 09:12 WIB
EditorErlangga Djumena

BEIJING, KOMPAS.com — China tercatat sebagai negara yang memberikan kredit dengan jumlah terbesar di dunia. Hasil penelitian koran Financial Times, kredit yang diberikan Beijing selama dua tahun terakhir kepada negara-negara berkembang melebihi pinjaman Bank Dunia.

China tercatat meminjamkan 110 miliar dollar AS pada tahun 2009 dan 2010 kepada pemerintah dan dunia bisnis negara-negara berkembang. Sedangkan dalam waktu bersamaan, Bank Dunia hanya memberikan kredit sebesar 100,3 miliar dollar.

Jumlah kredit ini adalah rekor dalam kebijakan perekonomian China. Saat krisis ekonomi melanda hampir seluruh negara, China berhasil menyelamatkan perusahaan energinya dengan memberi kredit kepada negara-negara produsen minyak, misalnya, Rusia, Venezuela, dan Brasil. China juga memberikan pinjaman dengan syarat yang lebih mudah dibandingkan Bank Dunia.(Srihandriatmo Malau)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X