Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Kebanjiran Cabai Murah Thailand

Kompas.com - 01/02/2011, 19:11 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Berkurangnya pasokan cabai merah lokal dari Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara mengakibatkan mulai banyaknya pedagang di pasar tradisional di Medan memasok cabai merah impor dari Thailand dan kini pasokannya membanjiri disejumlah pasar.

Pedagang di Pusat Pasar Medan, Nora, Selasa (1/2/2011) mengatakan, cabai merah impor cukup digemari masyarakat Medan, meski kini stoknya belum terlalu banyak.

"Harga cabai merah impor cenderung lebih murah dibanding cabai merah lokal yang terus mengalami kenaikan. Apalagi menjelang perayaan Imlek harga cabai merah lokal semakin melambung tinggi dan mencapai Rp 52.000 per kg yang sebelumnya masih Rp 48.000 per kg," katanya.

Dia mengakui, harga cabai merah lokal yang mahal itu disebabkan sedikitnya pasokan barang dari petani lokal dan pengiriman barang dari luar kota seperti Jakarta, Aceh dan Padang.

Dengan mahalnya harga cabai merah lokal, tak jarang warga Medan cenderung memilih cabai merah impor yang harganya lebih murah sekitar Rp 45.000 per kg.

"Meski ukuran cabai merah impor lebih kecil, namun kualitas rasanya tak kalah jauh dengan cabai merah lokal," ujarnya.

Melambungnya harga cabai merah itu juga diikuti daya beli konsumen yang mengalami kenaikan. Apalagi menjelang Imlek kebutuhan masyarakat akan cabai juga meningkat.

Sementara itu, Emy, pedagang di Pasar Halat Medan, mengakui cabai merah impor memang mulai banyak peminatnya, meski hanya memasok dalam jumlah yang sedikit.

"Kami hanya berharap harga cabai merah dapat mengalami penurunan, agar pedagang dapat memasok barang lebih banyak lagi," ujarnya.

Harga cabai merah lokal yang naik itu juga diikuti harga cabai rawit yang sebelumnya masih Rp 46.000 per kg naik menjadi Rp 50.000 per kg.

Sedangkan, harga cabai hijau justru stabil dengan Rp 17.000 per kg. Bahkan, harga bawang merah juga normal Rp 22.000 per kg, bawang putih stabil Rp 20.000 per kg.

Harga kentang juga normal Rp 8.000 per kg, lengkuas masih Rp 5.000 per kg, kunyit Rp 15.000 per kg, dan jahe Rp 18.000 per kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com