Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Terus Naik

Kompas.com - 23/02/2011, 11:01 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak mentah di pasar Asia, Rabu (23/2/2011), terus merangkak naik seiring ketegangan di Libya yang merupkan salah satu negara pengekspor utama minyak dunia.

Kontrak utama New York minyak mentah jenis light sweet pengiriman April naik 4 sen ke posisi 95,46 dollar AS per barrel. Adapun minyak mentah jenis Brent North Sea pengiriman April naik 22 sen menjadi 106 dollar AS.

"Aksi berkelanjutan  (di Timur Tengah) bisa menyuntikkan ketidakpastian yang besar pada pasar minyak dalam jangka menengah," ungkap Chen Xin Yi, analis komoditas Barclays Capital yang berkantor di Singapura.

Pada analis menyatakan, ketegangan di negara-negara kunci penghasil minyak di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah, seperti Libya, Bahrain, Yaman, dan Iran menimbulkan kekhawatiran terhadap pasokan minyak mentah global.

Libya yang merupakan negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan penghasil minyak terbesar keempat dunia. Negara ini merupakan anggota organisasi pengekspor minyak (OPEC), yang menghasilkan 40 persen cadangan minyak dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com