Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus: Pemerintah Tidak Serius Batasi BBM

Kompas.com - 23/02/2011, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, menilai ketidakberesan uji coba pembatasan bahan bakar minyak (BBM) hari ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak serius mengeluarkan kebijakan tersebut. Sebelumnya, pemerintah mulai menerapkan uji coba hari ini dengan memasangkan stiker namun masih banyak kendaraan umum yang tak berstiker. Demikian pula dengan ketidaksiapan SPBU yang belum mengetahui soal uji coba tersebut.

"Inilah ketidakseriusan pemerintah, mau bikin kebijakan tapi tidak diberikan sosialisasi yang baik. Coba tanyakan ke masyarakat di pinggir jalan, pasti tidak tahu, saya pun baru tahu belakangan," ucap Agus, Rabu (23/2/2011), saat dihubungi wartawan.

Agus melihat kebijakan pembatasan BBM saat ini sarat dengan ketidaksiapan pemerintah dalam menyiapkan pihak-pihak terkait seperti sopir angkutan umum dan petugas SPBU sebagai palang pintu terdepan pelaksanaan BBM bersubsidi. "Kalau tidak beres seperti ini nanti saya yakin yang akan jadi kambing hitam masyarakat pasti pihak SPBU. Padahal, mereka tidak dilatih dan disosialisasi dengan cukup sebelumnya," ungkap Agus.

Kekhawatiran lain, menurut Agus, muncul manakala penerapan pembatasan BBM justru ditumpangi penumpang-penumpang gelap yang mengkritisi atau pun mendukung kebijakan pembatasan BBM bersubsidi tanpa tahu substansinya.

Lebih lanjut, Agus meminta pemerintah untuk dapat menyikapi kebijakan pembatasan BBM subsidi ini dengan serius. Pasalnya, kebijakan itulah yang langsung mengena ke masyarakat. "Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Yang harus dilakukan pemerintah sekarang harus ada keberanian dan kemauan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com