Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Naikkan Outlook RI, Rupiah Menguat

Kompas.com - 25/02/2011, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi, naik kembali  lima poin ke posisi Rp 8.857 dibanding sebelumnya Rp 8.862.

"Ketidakpastian global masih membayangi pasar Asia hari ini, kendati koreksi akan agak sedikit tertahan dan berada dalam kisaran sempit," kata pengamat pasar uang Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Ia menambahkan, mengendurnya tekanan konflik Mesir dan Timur Tengah membuat rupiah mampu "menarik napas" dan mengalami penguatan meski dalam kisaran sempit.

Selain itu, lanjut dia, lembaga pemeringkat Internasional Fitch yang menaikkan prospek Indonesia dari posisi stabil menjadi positif, memberi sentimen positif pada pergerakan rupiah pagi ini.

Kendati demikian, lanjut dia, belum beranjaknya peringkat Indonesia ke peringkat investasi, maka masuknya dana asing masih akan bersifat dana-dana spekulatif karena masih dianggap berisiko tinggi. "Outlook Indonesia yang positif, sedikit memberi sentimen positif, kendati Indonesia belum masuk pada peringkat investasi," katanya.

Ia menambahkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada pagi ini yang ditutup menguat, merupakan salah satu pemicu rupiah kembali menguat, setelah pada Kamis tertekan mengikuti pelemahan mata uang Asia lainnya.

Ia mengatakan, rupiah yang bergerak positif pagi ini mencerminkan pelaku pasar kembali menempatkan dananya pada mata uang rupiah. "Investor setidaknya masih melihat mata uang dalam negeri akan baik-baik saja seiring dengan naiknya outlook, dan tidak terpengaruh pada situasi global yang tidak menentu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com