Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Lampung: JSS Solusi Kemacetan

Kompas.com - 01/03/2011, 21:40 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Gubernur Provinsi Lampung Sjachroedin ZP mengatakan, pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) merupakan solusi permanen mengatasi stagnasi kendaraan yang sering terjadi di Merak Bakauheni.

"Sekarang dan ke depan, pelabuhan penyeberangan Merak Bakauheni semakin sulit mengimbangi lonjakan kendaraan. Pembangunan (JSS) harus dimulai. Bukan hanya untuk kita, tetapi untuk anak cucu kita ke depan," katanya, Selasa (1/3/2011) menyikapi seringnya terjadi kemacetan di Merak-Bakauheni akhir-akhir ini.

Menurut dia, JSS merupakan sebuah mega-proyek yang membutuhkan dana besar, setidaknya Rp 100 triliun. "Kalau hanya mengandalkan APBD Lampung saja, butuh waktu 50 tahun. APBD Lampung hanya Rp 2 triliun tiap tahun. Maka dari itu perlu ada investasi asing. Untungnya, sudah ada dari China yang bersedia," ujarnya.

Ia meyakini, pembangunan JSS bukanlah hal yang mustahil di tengah banyaknya pesimisme yang muncul. "JSS ini idenya bukan dari saya. Melainkan, sudah ada sejak zaman Bung Karno masih ada. Investor sudah ada, Presiden juga sudah membentuk Kepres (pembangunan JSS)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com