Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrieland Dukung Gerakan Satu Miliar Pohon

Kompas.com - 28/04/2011, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bakrieland Development Tbk melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR) akan mendukung gerakan satu miliar pohon pemerintah yang akan diselenggarakan secara berkala mulai tahun 2011.

"Gerakan menanam pohon ini diselenggarakan di seluruh unit usaha PT Bakrieland Development Tbk yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Cirebon, dan Lampung," kata Chief Corporate Affairs Officer PT Bakrieland Development Tbk Yudy Rizard Hakim di Jakarta.

Yudy mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan telah dilaksanakan unit usaha Bakrie sejak lama, tetapi ketika itu masih berjalan sendiri-sendiri. Maka, mulai tahun 2011 dan selanjutnya, program itu akan diselaraskan melalui induk usaha.

Yudy  mengatakan, program yang dinamakan "Pohon untuk Negeri" tidak sekadar membagikan pohon kepada masyarakat, tetapi juga memberikan pendidikan kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Dalam merancang bangunan, kata Yudy,  PT Bakrieland Development Tbk yang bergerak di bidang pengembangan properti dan infrastruktur selalu mengacu pada lingkungan. "Seperti di Rasuna Epicentrum Kuningan, tidak mungkin ditanami pohon-pohon besar seperti sengon dan trembesi. Namun, kami mengenal 'green arsitektur' yang memungkinkan pengurangan penggunaan energi listrik, pemanfaatan air limbah, dan sebagainya," kata Yudy.

Yudy mengatakan, untuk kawasan hunian di Bogor Nirwana Residence akan ditanami pohon buah-buahan, sementara untuk Tol Kanci-Pejagan akan ditanami sengon dan trembesi. Hal sama juga akan dilaksanakan di lahan mereka di Krakatoa Nirwana Resort seluas 40 hektar.

"Bakrieland menargetkan untuk menanam lebih dari 74.000 bibit pohon di sekitar unit usaha Bakrieland," jelas Yudy.

Yudy mengatakan, pemilihan pohon trembesi dan sengon, setelah melalui konsultasi dengan ahli lingkungan, ternyata selain memiliki nilai komersial, kedua pohon memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida, emisi karbon, serta menyerap air hujan.

Pihaknya akan menjalin kerja sama dengan masyarakat melalui program kemitraan. Dalam arti, Bakrieland menyediakan lahan dan bibit tanaman, masyarakat yang memelihara, dan nanti hasilnya akan dibagi dua.

Dia juga menjelaskan, untuk areal tanam seluas 40 hektar, seperti Krakatoa, pihaknya menjalin kerja sama dengan perusahaan yang berpengalaman dalam mengelola hutan produksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com