Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur sebagai Lahan Investasi

Kompas.com - 20/07/2011, 13:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak swasta seharusnya menjadikan infrastruktur sebagai lahan investasi. Ini merupakan kebalikan dari pola pikir yang umumnya berlaku.

"Kita coba mengubah mindset.  Selama ini infrastruktur selalu dijadikan tools untuk menciptakan investasi atau menciptakan investment di Indonesia. Di banyak negara, termasuk Indonesia, kita sudah coba meng-encourage pihak swasta atau mindset ini kita ubah. Kita menjadikan infrastruktur itu sebagai lahan investasi itu sendiri," ujar Lukas Hutagalung selaku Public Private Partnership-Development Specialist, Bappenas, seusai menghadiri "Indonesia Investment Summit 2011" di Jakarta, Rabu (20/7/2011 ).

Pemerintah, menurut dia, sudah mengambil langkah dengan mengembangkan banyak program infrastruktur. "Kebijakan memberikan dukungan pemerintah untuk membuat proyek-proyek infrastruktur itu commercialiable atau layak secara komersial bagi swasta," tambahnya.

Dengan demikian, kata Lukas, infrastruktur jangan dilihat sebagai kendala investasi, melainkan sebagai lahan investasi itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com