Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Pasokan Kakao Anjlok

Kompas.com - 26/07/2011, 19:05 WIB

KOLAKA, KOMPAS.com -  Cuaca buruk yang melanda Sulawesi Tenggara sepanjang tahun lalu, mengakibatkan produksi kakao rakyat di Kabupaten Kolaka, anjlok. Perusahaan dan pedagang besar pun kesulitan memperoleh pasokan.

"Biasanya pada musim panen raya (Mei-Juli), kami bisa membeli 300 karung kakao per hari dari petani. Sekarang, hanya berkisar 50-100 karung saja," ujar Junaedi, salah satu pedagang pengumpul kakao di Kolaka, Selasa (26/7)/2011.

Satu karung berisi 80-90 kg biji kakao, oleh Junaedi selanjutnya dijual lagi ke perusahaan besar.

Cuaca buruk juga membuat kualitas biji kakao kini menurun. Biji kakao mengecil dan kempis. "Baru tahun ini juga terjadi seperti ini. Sebelumnya lancar-lancar saja," tambah Junaedi.

Hal serupa juga dikemukakan Branch Manager PT ADM Cacao di Kolaka, Christiany. "Pasokan kakao ke perusahaan baik dari pedagang, petani, maupun koperasi anjlok 60-70 persen," ujarnya.  

Menurut Christiany, jika pada kondisi normal pihaknya bisa memuat 50-100 ton biji kakao per hari, saat ini untuk memperoleh 10 ton per hari saja sudah sulit. "Bahkan terkadang butuh 2-3 hari untuk mengumpulkan 10 ton kakao," katanya.

Faktor terbesar terpuruknya panen kakao adalah pengaruh  hujan yang kerap turun sepanjang musim kemarin. Hal itu membuat proses pembuahan kakao tidak maksimal, dan banyak buah rusak terserang penyakit busuk buah maupun VSD (vascular streak dieback).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com