Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Ancaman Macet di 130 Mal

Kompas.com - 04/08/2011, 19:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya memperkirakan ada 130 titik kemacetan di sekitar pusat perbelanjaan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2011. Kepadatan ini terjadi lantaran adanya peningkatan kebutuhan masyarakat pada waktu itu.

"Ada sekitar 130 pusat perbelanjaan yang berpotensi macet nanti menjelang Lebaran, terutama saat penerimaan THR (tunjangan hari raya)," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa, Kamis (4/8/2011) di Polda Metro Jaya.

Beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi perhatian akibat berpotensi terjadi kemacetan itu antara lain Plaza Semanggi, Taman Anggrek Mall, Mall of Indonesia, Mal Kelapa Gading, Cibubur Junction, Plaza Senayan, Senayan City, Pasar Tanah Abang, dan Pejaten Village.

Royke mengatakan, kemacetan itu terjadi karena beberapa hal, seperti adanya peningkatan volume kendaraan pengunjung, adanya titik persinggungan antara kendaraan yang keluar dan masuk, area parkir yang tidak memadai, serta kapasitas ruas jalan yang minim.

"Beberapa anggota kami akan mengatur lalu lintas kendaraan yang keluar dan masuk pada waktu-waktu itu sampai arus balik. Rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan jika diperlukan," ujarnya.

Terkait dengan keberadaan para pedagang kaki lima, Royke meminta instansi terkait, yakni satuan polisi pamong praja, agar turun tangan menertibkan pedagang kaki lima. Para pedagang kaki lima kerap menciptakan kemacetan baru seperti terjadi di Kramat Jati, Jakarta Timur, dan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com