Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Dibuka Langsung Melemah

Kompas.com - 26/08/2011, 10:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Berkebalikan dari pembukaan dua hari berturut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah, Jumat (28/8/2011). Pergerakan indeks diperkirakan datar-datar saja dengan kecenderungan melemah menjelang libur Lebaran dan rasa pesimis investor atas langkah kebijakan perekonomian global, khususnya di Amerika Serikat.

Dibuka melemah 2 poin dari penutupan kemarin di level 3.844,38, IHSG langsung melemah lebih dalam sekitar 0,71 perse n (27,26 poin) ke level 3.817,11. Lima menit perdagangan berjalan, indeks telah turun 32 poin ke level 3.812,25. IHSG diperdagangkan pada range 3.810,54-3.842,62.

Pelemahan indeks ini mengikuti pergerakan indeks di bursa global dan regional. Keraguan pelaku pasar terhadap adanya penambahan stimulus ekonomi oleh Fed pada Jumat ini mendorong aksi jual di bursa AS. Bursa utama Asia seperti Nikkei, Kospi dan ASX bergerak sideways dalam kisaran sempit. Aksi tunggu pidato Bernanke serta data Produk Domestik Bruto AS malam ini menjadikan bursa Asia bergerak tanpa arah yang jelas.

"Hari ini merupakan perdagangan terakhir sebelum libur panjang dan kami perkirakan akan mendorong IHSG bergerak cenderung melemah. IHSG kami perkirakan akan bergerak di kisaran 3 .825 3 .875," kata analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi.

Sementara menurut Semesta Indovest, bursa Indonesia hari ini diperkirakan akan kembali konsolidasi dengan kecenderungan melemah terkait liburan panjang. Sebagian investor memilih melakukan aksi jual untuk mengurangi risiko volatilitas market selama libur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com