Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Pekerja Umum dan BBWS Beri Bantuan

Kompas.com - 02/09/2011, 16:30 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengunjungi Pintu Air Kalimalang yang masih diperbaiki. Dia datang bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Hasanudin, Jumat (2/9/2011).

Menurut Hasanudin, jebolnya Pintu Air Kalimalang ini terjadi karena terdapat bocoran yang membuat erosi di bagian tanggul dan menggulingkan pintu air. Ia juga menjelaskan bahwa bangunan ini memang di desain untuk kelebihan air di Kalimalang.

"Bangunan ini didesain jika terjadi kelebihan air, debit air dialihkan ke Buaran," kata Hasanudin.

Selain itu, Foke--sapaan Fauzi Bowo--juga menjelaskan bahwa kejadian ini adalah murni musibah yang bisa terjadi kapan saja dan bukan kesalah perorangan atau perusahaan. Namun ini tetap menjadi tanggung jawab pemerintah.

Menurutnya, ini adalah taanggung jawab Pemerintah, sehingga dari Balai Besar dan Dinas Pekerja Umum turut membantu dengan menyediakan alat-alat besar (alat pengeruk), mengingat ini juga termasuk untuk kepentingan warga Jakarta. Sheet pile juga akan dikirimkan untuk pemancangan turap yang ambrol.

"Langkah pertama dibendung dulu dengan karung pasir agar air gak ke mana-mana serta mengamankan penjernihan air di Pulo Gadung. Dan kita tahu ini jadi sumber di Pejompongan, jadi sementara memang Rabu malam dan Kamis kemarin yang bisa di suplai Pulo Gadung dan Buaran," ujar Foke, saat ditemui wartawan.

Ia menambahkan bahwa kejadian ini akan tetap diinvestigasi lebih lanjut. Sedangkan untuk sumber air lain untuk warga Jakarta masih dapat diambil dari waduk galian Jawa Barat dan dari Cisadane, Tangerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com