Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2011, 09:37 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS akan menghabiskan  dana sebesar 400 miliar dollar AS untuk menekan tingkat suku bunga. Diharapkan, tingkat suku bunga kredit termasuk untuk perumahan dan kredit usaha akan menjadi rendah lagi. Demikian pernyataan Fed di Washington, Rabu (22/9/2011).            

Rencananya, Fed akan menjual obligasi  pemerintah jangka pendeknya senilai 400 miliar dollar AS untuk membeli obligasi pemerintah yang berjangka waktu lebih panjang hingga Juni 2012. Bank sentral AS itu juga akan menginvestasikan kembali pokok pembayaran dari surat berharga beragun KPR.  

Fed akan memperpanjang jatuh tempo obligasi yang dimilikinya dari enam tahun menjadi delapan tahun. Fed telah meminta agar Fed  New York membeli obligasi yang akan jatuh tempo antara enam dan 30 tahun.

Selain itu, Fed juga akan menjual surat berharga yang berjangka waktu tiga tahun atau kurang. Kebijakan Fed ini diumumkan setelah dua hari pertemuan mereka.  

Tampaknya para pelaku pasar tidak begitu optimistis dengan langkah ini. Indeks di bursa AS langsung anjlok ketika pengumuman ini dipublikasikan.        

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com