Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starbucks Kampanye Penciptaan Lapangan Kerja

Kompas.com - 04/10/2011, 10:24 WIB
Anastasia Joice

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Jaringan kedai kopi Starbucks mulai pekan ini menyerukan kepada pelanggannya di AS bahwa negara sedang memerlukan mereka untuk menciptakan lapangan kerja.

Starbucks yang memiliki kedai di berbagai kota di seantero AS mengumumkan akan menampung sumbangan dari para pelanggannya. Sumbangan ini akan disalurkan sebagai pinjaman modal untuk perusahaan kecil agar dapat menciptakan lapangan kerja.

"Bisnis kecil merupakan tulang punggung AS, mempekerjakan lebih dari separuh pekerja pada sektor swasta, tetapi mesin tenaga kerja ini sekarang sedang macet," kata Pemimpin Starbucks Howard Schutltz.

"Kita harus dapat menyalurkan kredit sehingga bisnis di komunitas dapat kembali bergerak dan mulai mempekerjakan orang lagi," lanjutnya.

Saat ini, tingkat pengangguran di AS mencapai 9,1 persen. Dalam tiga tahun terakhir ini, lapangan kerja di AS berada dalam kondisi sulit. Krisis berkepanjangan membuat banyak bisnis bangkrut dan karyawan menjadi penganggur.

Starbucks yang memiliki 6.800 gerai di AS tengah berupaya menciptakan stimulus mini versinya sendiri. Manajemen mengatakan akan menerima sumbangan untuk disalurkan menjadi kredit bisnis kecil di komunitas.

Para donatur akan menerima gelang berwarna merah, putih, dan biru bertuliskan "Indivisible". Gelang itu merupakan simbol persatuan rakyat AS dalam upaya membantu orang lain mendapatkan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com