Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Hal yang Harus Dipegang Teguh Kemendag

Kompas.com - 19/10/2011, 21:16 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, menyebutkan ada sejumlah hal yang telah dipegang teguh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam membangun sektor perdagangan. Hal ini disampaikan Mari dalam acara serah terima jabatan Menteri Perdagangan kepada Gita Wirjawan, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (19/10/2011).

"Pertama mulailah dari kita sendiri, misalnya program 100 persen Aku Cinta Indonesia," ujar Mari. Upaya nyatanya yaitu pegawai kementerian ini harus menggunakan sepatu buatan dalam negeri setiap hari Jumat.

Selain itu, Mari pun menyebutkan bahwa mengerjakan sesuatu mulai dari yang kecil, dan itu harus tuntas dikerjakan sekalipun sulit. "Selalu mengupayakan yang terbaik. Dan, tentunya selalu melayani dan partisipatif kepada para stakeholders (pemangku kepentingan)," tambah dia.

Partisipatif, menurut Mari, merupakan salah satu prinsip yang dipegang teguh Kemendag dalam menjalankan tugas. Dengan itu, kementerian ini harus bisa mendengarkan pendapat dan masukan dari berbagai pihak, termasuk memetakan sejumlah permasalahan dalam strategi untuk menjalankan kebijakan pemerintah yang konsisten.

"Dan itulah yang kami harap dari pimpinan yang baru juga dengan para stakeholder sudah terjalin hubungan yang baik," harap Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com