Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Ambil Untung Besar-besaran

Kompas.com - 27/10/2011, 08:55 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sentimen positif kembali masuk ke pasar seiring kemajuan yang dicapai pada KTT Uni Eropa. Menurut Indosurya Securities, pasar pun sepertinya akan kembali mengakumulasi saham-saham pilihan sehingga dapat membawa penguatan bagi Indeks Harga Saham Gabungan.

"Tentu saja laju penguatan ini bisa terus berlangsung dengan asumsi tidak terganjal oleh aksi ambil untung yang bersifat masif. Pada perdagangan Kamis (27/10/2011), diperkirakan IHSG akan berada pada support 3.659-3.698 dan resistance 3.759-3.780," kata Managing Research Indosurya Securities Reza Priyambada di Jakarta.

Berkaca dari pergerakan indeks kemarin, IHSG berbalik arah dengan mampu ditutup positif seiring keyakinan pasar terhadap hasil KTT Uni Eropa. Candle membentuk hammer. Posisi candle mendekati upper bollinger bands. MACD masih mencoba naik dengan histogram positif yang memanjang. RSI, William's %R, dan Stochastic masih mencoba naik di sekitar area jenuh beli (overbought).

IHSG berhasil mempertahankan posisinya di zona positif hingga akhir perdagangan meskipun sempat masuk ke area negatif karena terimbas dari pelemahan bursa saham Asia di awal perdagangan yang merespon negatifnya penutupan bursa saham AS dan Eropa karena sikap wait and see dari investor menjelang pertemuan KTT Uni Eropa kemarin.

Aksi ambil untung sempat terjadi di awal perdagangan sebelum akhirnya kondisi berbalik arah. Para pelaku pasar sangat berharap para pemimpin Eropa bisa menghasilkan langkah penyelesaian krisis utangnya.

Selama perdagangan, IHSG sempat menembus level 3.740,73 (level tertingginya) di akhir sesi II dan juga sempat menyentuh level 3.680,15 (level terendahnya) di awal sesi I dan akhirnya berhasil bertengger di level 3.738,61.

Volume perdagangan dan nilai total transaksi tercatat naik. Investor asing mencatatkan nett buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan nilai transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com