Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setimen Positif Angkat Indeks Asia

Kompas.com - 04/11/2011, 10:01 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com- Pasar saham Asia kembali menguat pada perdagangan Jumat (4/11/2011). Kepercayaan investor kembal lagi karena Bank Sentral Eropa telah memangkas tingkat suku bunga menjadi 1,25 persen dan Perdana Menteri Yunani George Papandreou mengambil langkah membatalkan rencana referendumnya, sehingga membawa harapan kucuran dana talangan dapat diterima oleh Yunani.

"Ketika Yunani memperlihatkan keadaan yang jauh dari selesai, pasar masih dapat bernafas lega dengan adanya berita ini. Referendum kemungkinan besar tidak akan dilakukan," demikian catatan dari DBS Group kepada para nasabahnya.

Walaupun demikian, dalam pekan-pekan ke depan gejolak di pasar masih tetap ada. "Walaupun sentimen pasar sudah membaik, perdagangan masih akan terus bergejolak dengan adanya pertemuan G20 dan masalah di Yunani ini," ujar analis dari Credit Agricole Kintai Cheung.

Indeks Nikkei Jepang naik 1,2 persen, S&P Australia naik 2,3 persen, Kospi Korea naik 2,5 persen dan Selandia Baru naik 0,5 persen. Saham perbankan dan saham yang sensitif terhadap pertumbuhan seperti saham emiten sumber daya alam dan eksportir juga menguat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com