Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Axa Mandiri Dukung Implementasi OJK

Kompas.com - 08/11/2011, 07:20 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Industri asuransi Axa Mandiri mendukung implementasi OJK. Aturan main ini sangat positif bagi perkembangan industri asuransi. Diharapkan, tidak lagi terjadi aturan yang tumpang tindih sehingga Axa Mandiri mampu lebih meningkatkan kinerjanya. Hingga kuartal III tahun 2011, laba bersih Axa Mandiri mencapai Rp 591 miliar.

Presiden Direktur Axa Mandiri Financial Services Albertus Wiroyo mengungkapkan hal itu dalam pemaparan kinerja Axa Mandiri pada kuartal III tahun 2011 di Jakarta, Selasa (8/11/2011). Selain kinerja, dia dimintai tanggapannya terkait pengesahan Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan yang baru disahkan DPR.

Albertus mengatakan, selama ini industri yang bergerak di bidang bancassurance sangat bergantung pada regulasi Bank Indonesia dan Biro Asuransi. Pengawasan akan lebih baik lagi. Regulasi akan diatur sehingga persaingan menjadi lebih fair .

Tentang pungutan, saya rasa sejauh masih wajar. Kalau saya lihat keuntungannya dalam mendorong kinerja industri asuransi, tentu pungutan masih bisa dimaklumi, kata Albertus.

Dalam pemaparannya, Axa Mandiri saja mencatatkan laba bersih dalam pembukuan kuartal III tahun 2011 sebesar Rp 591 miliar. Jumlah ini meningkat 76,5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2010 sebesar Rp 335 miliar. Bahkan, telah melampaui laba sepanjang tahun 2010 sebesar Rp 479 miliar.

Pada kuartal III tahun 2011, total premi Axa Mandiri Rp 3,731 triliun, premi pertahungan baru yang disetahunkan mencapai Rp 2,331 triliun, dana kelola mencapai Rp 9,376 triliun, dan hasil investasi non-unitlink mencapai Rp 92,4 miliar, serta kekuatan aset totalnya sebesar Rp 10,213 triliun.

Iwan Pasila, Chief Financial Officer Axa Mandiri, menjelaskan, "Investasi sangat berhati-hati karena kami juga memberikan semacam garansi supaya bisa membayar kepada nasabah saat jatuh tempo. Untuk yang on-unitlink, kami mencoba pada aset-aset yang kira-kira cocok dengan karakteristik investasi." 

Direktur Penjualan Axa Mandiri K Kadarisman mengatakan, ada beberapa channel-channel yang belum dikembangkan secara optimal. Axa Mandiri akan mengoptimalisasi pengembangan bisnis mikro.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com