Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Masyarakat Belum Punya Asuransi Memadai

Kompas.com - 23/11/2011, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas penduduk Indonesia masih belum memiliki asuransi yang memadai. Masyarakat yang mempunyai asuransi pun ternyata belum lepas dari potensi masalah karena terdapat protection gap atau kesenjangan proteksi yang signifikan. Selisih antara kebutuhan proteksi dan dana yang dimiliki untuk menutup proteksi mencapai Rp 105,7 juta per keluarga.

Demikian hasil survei PT AIA Financial terhadap 1.208 responden di 10 kota yang bertajuk "Understanding Protection Gap of Life Insurance in Indonesia."  

President Direktur AIA Peter J Crewe, melalui survei yang  berlangsung Juli 2011 - September 2011 ini, pihaknya berharap bisa membangun pemahaman masyarakat terhadap kesenjangan proteksi tersebut. "Kami mengerti bahwa mayoritas masyarakat Indonesia memiliki selisih antara kepemilikian dana dan rata-rata total dana yang dibutuhkan cukup signifikan, yaitu 77 persen. Artinya rata-rata hanya memiliki persiapan sebesar 23 persen. tentunya jumlah ini tidaklah besam dan cukup dalam memenuhi kebutuhan proteksi yang optimal tersebut," jelasnya.

Survei ini menyebutkan, sebanyak 60 persen responden sama sekali tidak memiliki asuransi ataupun cadangan untuk melindungi diri sendiri maupun keluarganya dalam mengantisipasi risiko kesehatan yang berpotensi memberikan dampak pada keuangan dan kondisi keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com