Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Hektar Lahan di Cikampek-Palimanan Belum Dibebaskan

Kompas.com - 09/12/2011, 00:07 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, dibutuhkan 1.022 hektar lahan untuk pembangunan Tol Cikampek-Palimanan (116 kilometer). Namun lahan yang telah dibebaskan baru 952 hektar (93 persen), sehingga masih 70 hektar lahan yang belum bebas.

"Sisa tanah yang belum dibebaskan, dalam penyelesaian baik melalui musyawarah maupun konsinyasi, dan diharapkan dapat diselesaikan pada bulan Maret 2012," kata Djoko Kirmanto, Kamis (8/12/2011) dalam sambutannya pada Seremoni Pencanangan Pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Sejauh ini, pemerintah telah mengalokasikan dana pinjaman Badan Layanan Umum sebesar Rp 525 miliar. Ini merupakan bentuk dukungan pemerintah di sektor jalan tol.

Nantinya, ketika UU Pembebasan Lahan sudah ditetapkan, maka investasi di jalan tol takkan sama lagi. Sebab proses pembebasan lahannya menjadi lebih cepat, kata dia.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyarankan agar RUU Pembebasan Lahan segera ditetapkan. "Delapan puluh persen persoalan di lapanga, menyangkut lahan," ujar Heryawan.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com