Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Geruduk Kantor Bupati Serang

Kompas.com - 10/01/2012, 16:09 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

SERANG,  KOMPAS.com Ribuan buruh yang sejak pagi tadi berunjuk rasa, sore ini menggeruduk ke kantor Bupati Serang, Banten. Mereka mendesak agar Bupati Serang Taufik Nuriman mengeluarkan surat rekomendasi revisi upah minimum kabupaten (UMK) Serang tahun 2012 dari sebelumnya Rp 1.320.500 per bulan menjadi Rp 1.469.500 per bulan.

Secara bergelombang para buruh berdatangan dari arah kawasan industri di Serang Timur menuju depan kantor Bupati Serang di seberang Alun-alun Barat Serang.

Barikade kawat berduri terlihat terpasang di depan gerbang kantor Bupati Serang. Polisi tampak berjaga di lokasi sekitar demo, termasuk di depan gerbang kantor Gubernur Banten. Sementara itu, Alun-alun Barat Serang dipenuhi sepeda motor milik para buruh.

Lalu lintas di dalam Kota Serang pada Selasa sore macet di beberapa ruas akibat pengalihan arus. Para buruh bertekad bermalam di pendapa Bupati Serang apabila tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Aksi para buruh itu juga sempat mengagetkan para pengguna jalan tol Tangerang-Merak karena dalam perjalanannya menuju Serang, sepeda motor yang mereka kendarai juga masuk jalan tol.

Kondisi ini menyebabkan kemacetan total di jalan tol Ciujung arah Serang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com